Harga Besi CNP Dan Ukurannya


Harga Besi CNP / Besi Kanal C – Salah satu material bangunan yang memiliki peran penting dan wajib digunakan untuk membuat bangunan menjadi lebih kokoh adalah Besi CNP. Besi ini memiliki banyak kegunaan untuk konstruksi bangunan  gedung yang tidak anda salahnya untuk anda ketahui. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan besi CNP ini dengan baik.

Besi CNP atau besi kanal C, mungkin sebagian dari anda masih belum pernah melihat atau mengetahui tentang besi CNP ini. Ya, besi yang memiliki panjang 6 meter ini bisa anda temukan dengan mudah di toko bangunan ataupun distributor yang menjual besi CNP.



Seberapa penting besi CNP ini sehingga wajib digunakan untuk konstruksi bangunan gedung ataupun sebagainya? Lalu, apakah sebenarnya kegunaan besi CNP ini untuk konstruksi sebuah bangunan? Jawaban dari pertanyaan sederhana tersebut akan anda temukan dalam pembahasan setelah ini.

Kali ini kami akan membahas tentang Besi CNP yang akan kami ulas secara lengkap, dan jelas sehingga bisa anda pahami dengan mudah. Nah, untuk lebih  jelasnya mari langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Besi UNP

Apa itu Baja CNP

Besi baja CNP ini juga biasa disebut dengan besi kanal C. Ini karena besi kanal C memiliki bentuk fisik yang menyerupai huruf C pada bagian permukaan. Peran besi CNP dalam konstruksi sebuah bangunan dianggap sangat penting karena ada banyak sekali koneksi yang menyambungkan antara satu batang dengan batang yang lainnya.



Pemasangan besi CPN biasanya menggunakan sambungan baut dan menggunakan sambungan las. Peranan besi ini akan sangat terlihat jelas bila anda memperhatikan konstruksi bangunan perumahan yang sedang dalam proses.

Pada bagian atap rumah akan terdapat tampilan baja yang berfungsi sebagai penyangga atap. Jenis baja tersebutlah yang umumnya merupakan besi baja profil CNP. Penggunan jenis baja kanal C memang merupakan pilihan yang bisa dikatakan sangat efisien.

Dengan bentuk yang menyerupai huruf C dan mempunyai panjang yang sesuai membuat besi CNP ini mudah sekali untuk dilekatkan antarsudutnya antara besi yang satu dengan besi yang lainnya. Sehingga kemudahan inilah yang menjadikan besi CNP sebagai material dasar yang wajib dipilih untuk beragam bagunan, baik itu rumah ataupun gedung.

Besi CNP, selain biasa disebut dengan besi kanal C, ternyata besi ini juga mempunyai ragam penyebutan lainnya :

  • Balok purlin
  • C-channel
  • Profil C
  • Lipped channel
  • Profil gording

Beberapa penyebutan yang berhubungan dengan alphabet C tersebut pastinya terindikasi dari bentukan antara ujung-ujungnya yang membentuk huruf C. Sementara itu, alasan untuk penyebutan yang lain, seperti balok purlin adalah karena besi CNP biasa gunakan untuk purlin atau balok dudukan atap.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *