Harga Upah Tukang Borongan Bangunan Terbaru Januari 2022


Harga Upah Tukang Bangunan Borongan – Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau hanya sekedar memperbaiki dan merenovasi rumah namun masih bingung berapa upah tukang yang akan mengerjakan rumah Anda, kini kami akan mencoba menyajikan daftar harga borongan upah tukang.

Harga upah borongan yang akan kami sajikan ini berhasil kami rangkum dari harga borongan tukang dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Jogja, Semarang dan kota besar lainnya.



harga upah borongan bangunan

Tak hanya kami cantumkan harga borongan tukang saja namun kami juga akan menyajikan cara menghitung upah tukang bangunan sesuai dengan harga pasaran di Indonesia, yang bisa Anda gunakan untuk menghitung harga bangunan per meter, harga borongan bangunan 2 lantai dll.

Namun perlu diketahui, ketika Anda lebih memilih sistem harga borongan bangunan daripada sistem harian maka Anda harus benar-benar memilih tukang atau mandor yang bisa dipercaya baik itu untuk pembangunan rumah tingkat, musholla, apartemen maupun hotel dll.

Jadi Anda harus melakukan pengawasan dengan maksimal. Berikut ini kami akan bagikan tips dalam memilih tukang borongan bagunan yang terbaik.



Tips Memilih Tukang Borongan

  1. Jenis Pekerjaan

Apabila Anda membutuhkan tukang untuk perbaikan rumah Anda dalam skala kecil, maka harga satuan pekerjaan tukang akan lebih murah. Namun jika untuk mendirikan sebuah bangunan ataupun renovasi yang sangat luas, maka borongan akan lebih direkomendasikan. Berikan penjelasan secara lengkap kepada tenaga yang bekerja supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat.

  1. Kontrak Tertulis

Kontrak tertulis ini hanya untuk berjaga-jaga agar hasil bangunan nantinya mempunyai kualitas yang bagus dan sesuai. Jadi tidak hanya menawarkan harga satuan pekerjaan tukang yang ekonomis, tetapi etos kerja juga harus diperhatikan. Selain harus tepat waktu, proses pengerjaannya juga tidak boleh sembarangan dan tetap memperhatikan kualitas supaya bangunan Anda tidak mudah rusak.

  1. Menggunakan Jasa Kontraktor

Jika Anda tidak mau repot-repot untuk mengurus harga borongan bangunan beserta materialnya, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor. Selain sistem kerjanya lebih terjamun, Anda tidak  perlu lagi untuk melakukan pengawasan karena sudah ada mandor yang bertugas di lapangan. Harga borongan bangunan lebih kompetitif dan akan tepat waktu sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

  1. Track Record Tukang Bangunan

Cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan harga satuan pekerjaan tukang borongan yang berkualitas adalah dengan bertanya kepada anggota keluarga ataupun teman yang sudah pernah menggunakan jasa tersebut. Selain itu, tanyakan juga yang dimiliki oleh tukang bangunan dan pernah membangun apa saja. Apabila cocok, maka Anda bisa langsung nego harga dan menentukan tenggat waktu. Jangan lupa juga untuk menggunakan perjanjiaan supaya kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

Penting untuk diketahui bahwa harga borongan bangunan yang ada sekarang ini dibagi menjadi 2 tipe yakni material dan non material. Apabila Anda ingin membeli perlengkapan sendiri, maka Anda bisa gunakan tenaga borong saja. Harganya tentu akan lebih hemat jika dibandingkan tukang borongan beserta material. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin repot-repot dan ingin mendapatkan hasil yang bersih, maka serahkan semua kebutuhan bangunan kepada tukang borongan tersebut.

Tenaga borongan memang harus selalu diawasi supaya hasilnya nanti sesuai dengan keinginan Anda. Harga satuan pekerjaan tukang masing-masing kontraktor berbeda-beda. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan jasa professional dan berani untuk memberikan jaminan bahwa  bangunan tidak akan cepat roboh di segala situasi. Rancangan lebih baik Anda buat sendiri atau bisa juga berkonsultasi dengan arsitektur untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan nantinya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *