6 Cara Membuat Dapur Modern Agar Tampak Luas dan Mewah

Cara Membuat Dapur Modern-Dapur merupakan salah satu ruangan esensial yang ada di rumah, tidak heran apabila banyak orang mempunyai model dapur impian mereka sendiri. Dan menciptakan area ruang makan serta dapur yang mewah dengan gaya modern ternyata tidak terlalu susah. Berikut cara membuat dapur rumah modern dengan tampilan mewah dan luas yang bisa anda coba.

cara membuat dapur modern

Membuat Dapur Modern yang Mewah dan Luas

  1. Tentukan Zona di Dapur

Apabila ingin menciptakan area ruang makan dan dapur yang terlihat rapi, penting untuk menentukan zona yang ada di ruangan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu anda bisa membedakannya ketika sedang memasak, tempat mengolahnya, tempat penyimpanan, maupun ruang makannya.

Adapun beberapa zona di dapur yang bisa anda terapkan yaitu zona memasak, zona penyimpanan, zona pantry, dan zona makan. Zona memasak adalah area mengolah makanan dan tentunya terletak di sekitar kompor. Biasanya item yang dapat ditemukan pada zona ini antara lain wajan, pisau, talenan, serta berbagai peralatan masak lainnya.

Sementara zona penyimpanan terletak di dekat wastafel dengan item seperti piring, mangkuk, gelas, dan lain sebagainya. Untuk zona pantry adalah spot yang tepat untuk mempersiapkan makanan yang akan dihidangkan. Dan terakhir, zona makan adalah tempat anda sekeluarga menyantap hidangan. Konstruksi zona seperti ini akan membuat dapur anda tertata lebih rapi.

  1. Perhatikan Pencahayaan

Siapa bilang dapur berukuran terbatas tidak bisa dibuat terlihat luas dan mewah ? Anda dapat menyiasatinya dengan memperhatikan pencahayaan di dapur. Karena pencahayaan adalah elemen penting yang mempengaruhi kesan dari sebuah ruangan. Dalam hal ini anda bisa menggunakan lampu berlapis untuk membuat ruangan tampak lebih luas.

Itu karena cahaya dari lampu akan menyebar secara merata ke seluruh ruangan, membuatnya lebih terang dan terkesan luas. Maka dari itu, misalnya anda bisa menggunakan gabungan antara lampu gantung dan lampu LED stip atau lampu plafon dan lampu gantung. Tidak lupa, konstruksi ruangan sebaiknya dilengkapi jendela atau ventilasi untuk memastikan cahaya alami bisa masuk.

  1. Pertimbangkan Furniture Kayu

Cara membuat dapur rumah modern juga bisa mempertimbangkan furniture kayu. Anda mungkin berpikir bahwa elemen kayu akan membuat ruangan terkesan bergaya klasik seperti rumah tua, jauh dari kata modern. Namun jangan salah sangka terlebih dahulu, sebab dengan perpaduan yang tepat justru elemen kayu akan membuat dapur memiliki gaya modern yang unik.

Misalnya anda bisa memadukan material kayu berwarna gelap dengan warna monokrom hitam putih. Kombinasi tersebut mampu menciptakan kesan modern, futuristik, sekaligus elegan. Apalagi jika dapur dilengkapi oleh lampu LED yang membuat pencahayaan ruangan menjadi lebih baik, maka tampilannya akan lebih sempurna.

  1. Pertimbangkan Batu Marmer

Tidak hanya elemen kayu, anda pun dapat mempertimbangkan material batu marmer. Batu alam ini mampu menciptakan kesan mewah pada ruangan, sehingga menggabungkannya dengan perabot kayu bisa menghasilkan keindahan visual yang tidak terduga. Dapur anda akan tampak lebih unik dan menonjol dengan kesan menyenangkan.

Contohnya anda bisa memadukan meja makan berbahan marmer dengan lemari berwarna coklat, atau kitchen set berbahan kayu dengan lantai marmer. Untuk perpaduannya ini bisa disesuaikan dengan selera masing masing, anda dapat bertanya pada jasa konstruksi yang digunakan agar bisa memperoleh bentuk yang paling ideal.

  1. Jendela untuk Sirkulasi Udara

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, sebaiknya anda tidak melupakan jendela dalam konstruksi ruangan dapur. Karena selain dapat membuat cahaya alami masuk ke dalam ruangan pada siang hari, adanya jendela ini juga penting untuk sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang terjaga dengan baik akan membantu menghilangkan bau dan asap dari dapur anda.

Pada desain rumah minimalis, umumnya jendela dibuat berukuran sedang atau besar untuk menciptakan kesan yang luas. Anda dapat mengikuti bentuk tersebut untuk menciptakan ruangan dapur yang diidam idamkan. Nantinya jangan lupa untuk selalu membuka jendela ketika anda akan memulai memasak.

Baca Juga : Harga Tangki Air Terbaru Semua Merk

  1. Menggunakan Warna Putih

Selain identik dengan jendela besar, gaya minimalis modern cenderung mengaplikasikan warna warna netral seperti putih pada ruangan. Sudah pernah lihat rumah yang warnanya serba putih ? Rumah seperti ini terasa sangat ikonik dengan kesan yang bersih, megah, sekaligus segar.

Anda pun dapat menghadirkan kesan serupa dengan menggunakan warna putih di dapur, baik pada cat dinding, lantai, maupun kitchen set yang digunakan. Supaya tidak terasa membosankan, anda bisa meletakkan lampu gantung yang bentuknya unik. Sehingga lampu gantung tersebut bisa berperan sebagai desain interior yang menjadi pusat perhatian ruangan.

Baca Juga : Harga Rumah Minimalis Type 45

Kesimpulan

Cara membuat dapur modern yang tampak luas dan elegan sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahkan anda bisa menerapkan cara di atas pada ruangan dapur yang ukurannya terbatas. Untuk selebihnya anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing masing. Jika masih kesulitan dalam menentukan modelnya, anda bisa menggunakan jasa konstruksi profesional untuk membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.