Cara Membuat Lubang Di Beton Tanpa Bor

Jika Anda berencana membuat lubang di dinding beton, Anda akan membutuhkan palu bor . Ini satu-satunya alat yang akan membuat pekerjaan ini jadi mudah. Sebagian besar, orang tidak akan berusaha menyelesaikan tugas ini tanpa itu. Meskipun demikian, Anda mungkin tidak memiliki akses untuk menggunakan palu bor.

Meski tidak mudah, secara teknis membuat lubang di dinding beton bisa dilakukan tanpa palu bor. Ini akan membutuhkan alat yang tepat, sedikit waktu, dan tenaga, tetapi itu mungkin saja terjadi.

Bisakah Membuat Lubang di Dinding Beton Tanpa Bor?

Seperti disebutkan di atas, ya, secara teknis membuat lubang di dinding beton tanpa bor palu. Namun, seperti yang juga kami sebutkan di atas, itu tidak akan mudah. Jika Anda menemukan alat yang akan membuat proses ini lebih mudah, maka keakuratan dan mempertahankan lubang pada ukuran yang wajar akan menjadi sulit.

Ada alasan mengapa bor palu adalah alat pilihan untuk ini. Pertama-tama, ia memiliki kekuatan yang cukup untuk dengan mudah menembus beton. Kedua, ini memungkinkan Anda membuat lubang di dinding beton dengan tetap mempertahankan akurasi dan presisi yang tinggi.

Alat lain apa pun yang Anda gunakan akan sangat sulit dan membutuhkan banyak otot atau akan membuat lubang yang cukup bergerigi dan tidak rata. Namun, jika Anda dalam keadaan darurat, dan tidak memiliki bor palu, maka ada beberapa pilihan yang Anda miliki. Tentu saja, kami akan berbicara tentang cara terbaik untuk membuat lubang di dinding beton tanpa palu lebih jauh di bawah ini.

Apalagi ada cara membuat lubang pada dinding beton yang cukup tebal, meski tanpa bor palu. Tentu saja, jika dindingnya sangat tebal, itu akan menjadi tantangan yang cukup besar, terutama dalam menjaga agar lubang tetap sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan, tanpa membuatnya terlalu besar dan tidak rata.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Saat Memilih Besi Beton Bangunan

Kapan Anda Sebaiknya Tidak Menggunakan Bor Palu untuk Membuat Lubang di Dinding Beton?

Sebenarnya hanya ada beberapa situasi di mana Anda ingin mempertimbangkan untuk tidak menggunakan bor palu untuk membuat lubang di dinding beton. Sekarang, mari kita ingat bahwa alasan nomor satu mengapa orang tidak menggunakan bor palu untuk tujuan ini hanyalah karena mereka tidak memilikinya.

Salah satu alasan mengapa Anda mungkin ingin menghindari melakukan ini adalah jika dinding beton memiliki pipa atau saluran listrik di belakangnya. Jika dindingnya sangat tipis, dan Anda tidak tahu persis seberapa tebal dindingnya, bor palu itu mungkin menembus beton dan merusak kabel listrik atau pipa ledeng.

Alasan lain mengapa Anda mungkin ingin menghindari penggunaan bor palu untuk pekerjaan ini adalah jika dindingnya sangat tebal dan Anda perlu membuat lubang berdiameter besar. Mata bor kecil di bor palu saja tidak akan bisa membuat lubang yang sangat besar. Jika Anda membutuhkan lubang besar, sebaiknya gunakan alat yang dapat memotong lebih banyak beton sekaligus.

Dengan demikian, sekitar 99,99% kejadian akan membutuhkan penggunaan bor palu. Ini hanyalah alat nomor satu untuk pekerjaan ini, dan jika memungkinkan, itulah yang ingin Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin membeli bor palu, Anda selalu dapat menyewanya untuk satu atau dua hari. Ini hanyalah alat terbaik untuk pekerjaan itu dan tidak ada yang mendekati itu.\

Baca Juga : Yuk Simak Cara Perhitungan Adukan Semen Terbaik untuk Tembok

5 Cara Terbaik Membuat Lubang Pada Tembok Beton Tanpa Bor Palu

Selain menggunakan bor palu, ada lima metode lain yang layak untuk membuat lubang di dinding beton tanpa lubang.

  1. Bor Biasa dan Bit Batu

Jika Anda tidak memiliki bor palu, opsi terbaik berikutnya adalah menggunakan bor biasa.

Konon, bor biasa tidak akan memiliki tenaga sebesar itu jika dibandingkan dengan bor palu. Oleh karena itu, proses ini akan memakan waktu lebih lama, dan membutuhkan lebih banyak usaha.

Ingatlah bahwa Anda juga akan membutuhkan mata bor batu khusus . Mata bor biasa untuk kayu tidak akan bekerja dengan beton.

Saat menggunakan bor biasa dengan mata bor batu, Anda harus sangat berhati-hati agar bor tidak terlalu panas. Ini akan membutuhkan banyak usaha untuk bekerja.

Meskipun demikian, jika dindingnya relatif tipis dan Anda tidak membutuhkan lubang yang besar, ini adalah opsi yang layak.

  1. Pahat dan Palu

Jika Anda hanya perlu membuat lubang kecil, Anda punya banyak waktu, dan otot besar juga, menggunakan pahat dan palu juga bisa menjadi pilihan.

Ya, di sini kita akan langsung kembali ke Zaman Batu, tetapi tetap saja itu adalah sebuah pilihan.

Anda memerlukan jenis pahat khusus yang disebut pahat bintang, yang memiliki kepala berbentuk bintang.

Ini akan memungkinkan Anda untuk memalu lubang yang relatif kecil dan akurat ke dinding beton.

Tentu saja, tidak menggunakan apa-apa selain otot Anda akan melelahkan dan membutuhkan banyak waktu.

  1. Palu Pahat (Godam)

Palu godam

Jika Anda membutuhkan lubang yang sangat besar yang dibenturkan ke dinding beton, Anda selalu dapat menggunakan palu godam .

Tentu saja palu godam tidak akan mampu membuat lubang yang sangat kecil atau presisi. Anda mungkin akan memecahkan banyak beton juga.

Namun, jika keadaan darurat dan Anda harus masuk ke tembok beton itu, palu godam selalu menjadi pilihan.

  1. Alat Rotary dengan Flex Shaft

 Jika Anda hanya perlu membuat lubang yang sangat kecil atau bahkan hanya lekukan, alat putar dengan kepala gerinda khusus atau kepala pengamplasan yang dirancang untuk pasangan bata dapat digunakan.

Ini juga akan menjadi proses yang panjang, dan ini benar-benar tidak ideal untuk lubang besar apa pun, tetapi berfungsi dengan baik untuk lubang yang lebih kecil.

 

  1. Gergaji Beton

gergaji

Pilihan lain yang Anda inginkan di sini adalah menggunakan gergaji beton.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa gergaji beton memiliki bilah yang cukup besar, sehingga tidak dapat membuat lubang kecil.

Selain itu, karena cara kerja gergaji ini, lubang Anda akan berbentuk persegi, bukan bulat.

Ini bukan pilihan yang baik jika Anda membutuhkan lubang kecil, tetapi jika Anda perlu masuk ke beton itu karena alasan apa pun, itu tentu saja merupakan pilihan.

Ringkasan

Itu dia guys, lima cara membuat lubang di dinding beton tanpa bor palu. Semua yang dikatakan, menggunakan bor palu akan membuat proses ini secepat dan semudah mungkin. Menggunakan bor palu sangat disarankan untuk tujuan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.