Harga Kawat Ram Per Meter


Kawat Ram Per Meter – Pengertian kawat sendiri adalah material yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Penggunaan kawat memang hampir ada di setiap bidang, sehingga hal ini menjadikan kawat sebagai salah satu bahan material yang sangat dibutuhkan. Kini sudah banyak sekali produk kawat dengan jenis, ukuran, dan kegunaan masing-masing. Variasi tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan.

Salah satu jenis kawat yang paling banyak dipilih dan diminati dalam bangunan adalah kawat ram atau kawat harmonika. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kawat harmonika yang dilengkapi dengan fungsi, macam, dan kegunaan. Berikut ini adalah uraian selengkapnya tentang kawat ram.



Kawat ram atau yang biasa disebut dengan kawat harmonika merupakan salah satu bahan material yang terbuat dari anyaman kawat glavanis yang ukurannya bermacam-macam. Biasanya kawat ini banyak digunakan di tempat-tempat yan tertentu seperti di sekolah, taman, tempat olahraga dan tempat lainnya.

Selain itu, kawat harmonika juga biasa digunakan sebagai pagar rumah, dengan ditambahkan dengan beberapa material pendukung tertentu seperti Razor wire atau Barbed Wire. Harga kawat harmonika tergantung dari ukuran dan ketebalan kawat itu sendiri. Pemasangan atau intalasi kawat ini untuk pagar pengaman ataupun partisi sangat mudah, fleksibel, dan ekonomis.

Baca juga : Harga Teralis Jendela

Jenis Kawat Harmonika

Kawat harmonika terdiri dari jenis, yang pertama adalah kawat harmonika galvanis, dan yang kedua adalah kawat harmonika galvanis lapis Pvc. Berikut adalah uraian lengkap jenis-jenis kawat harmonika.

  1. Kawat Harmonika Galvanis

 



harga kawat ram

Kawat harmonika galvanis adalah anyaman kawat yang banyak digunakan untuk penutup lubang angin dan sebagainya. Kawat harmonika galvanis merupakan sebuah kawat yang telah dilapisi dengan cairan galvanis, cairan galvanis ini memiliki fungsi sebagai penahan korosi (anti karat). Maka dari itu, dengan adanya lapisan galvanis kawat harmonika akan lebih  tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Kawat Harmonika Galvanis Lapis Pcv

kawat ram

Kawat harmonika yang satu ini mendapat finishing (coating) yang berupa lapisan PVC. Lapisan PVC inilah yang akan membuat kawat harmonika dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Fungsi atau Kegunaan Kawat Harmonika

fungsi kawat ram

Kawat harmonika memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kawat yang lain. Beberapa kelebihan dan fungsi kawat harmonika tersebut adalah sebagai berikut :

Fungi Kawat Harmonika :

  • Sebagai pagar tanaman
  • Untuk kandang hewan
  • Sebagai screener
  • Sebagai partisi
  • Sebagai pagar pengaman
  • Sebagai pengaman barang (property)
  • Sebagai pagar kebun dan taman
  • Sebagai pagar di area pabrik
  • Sebagai pagar di lapangan olahraga : futsall, volly, dan badminton

Kelebihan Kawat Harmonika :



  • Bahan kuat
  • Mempunyai ukuran yang lebar dan panjang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan lapangan
  • Pemasangan material yang cukup mudah
  • Aman dan fleksibe;
  • Bahan tidak gampang
  • Rusak
  • Dapat digunakan untuk berbagai fungsi lainnya

kawat harmonika

Tips Perawatan Kawat Harmonika Agar Tidak Mudah Rusak :

  1. Pengecetan ulang, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kawat harmonika terbuat dari bahan logam yang dilapisi dengan 2 jenis lapisan yaitu PVC dan lapisan lapisan galvanis. Hal ini tentunya hanya membuat kawat harmonika dapat bertahan sampai beberapa tahun saja, ketika lapisan luar mulai terkikis maka dapat menyebabkan unsur lapisan di dalamnya terkena udara secara langsung, sehingga akan mengakibatkan pengkaratan. Untuk pencegahannya, anda bisa menggunakan pelindung tambahan yaitu dengan mengecatnya ulang. Dengan melakukan pengecatan secara rutin maka akan sangat efektif untuk menangkal kerusakan.
  2. Melindunginya dengan minyak khusus seperti oli. Minyak ini akan berfungsi untuk menangkal terbentuknya karat pada pagar tersebut. Saat ini sudah banyak sekali toko-tok bangunan yang menjual minyak vaselin ataupun oli untuk pagar rumah. Anda bisa membeli minyak ini dengan harga yang sangat terjangkau, kerjakan pelapisan ini secara berkala.
  3. Jika ada bagian yang sudah mulai berubah format ataupun warna, maka usahakan untuk mengganti dengan yang baru. Hal ini dikarenakan karat akan sangat mudah sekali untuk menyebar ke unsur yang lainnya jika tidak segera anda tangani. Sehingga bisa dicukur dan ditambal lagi dengan kawat yang masih baru, meski terkadang akan memberikan tampilan yang tidak menarik lagi.

Cara Memilih Kawat Harmonika Yang Murah

kawat harmonika murah



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *