Harga Stop Kontak Broco, Saklar, Listrik Dll


Harga Broco Listrik – Broco merupakan salah merek aksesoris atau peralatan listrik yang memiliki kualitas baik untuk kebutuhan rumah tangga. Jenis produk Broco sendiri juga sangat bermacam-macam seperti saklar, stop kontak, outlet TV, outlet telepon, outlet data, steker, dan masih banyak lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Mungkin seluruh aksesoris alat tersebut sudah pernah anda temui, sebab alat-alat tersebut biasa ada di dalam rumah. Namun terkadang ada yang salah menafsirkan nama aksesoris listrik tersebut.



Nah, berikut ini adalah beberapa nama aksesoris listrik dan cara menggunakannya yang perlu anda ketahui supaya nama dan fungsinya tak lagi tertukar.

  1. Steker Broco

steker broco

Mungkin anda biasa mengenal nama aksesoris listrik yang satu ini dengan nama “colokan listrik”, memang tidak ada salahnya tetapi yang perlu anda ketahui adalah alat listrik ini memiliki nama Steker. Fungsi steker adalah sebagai penghantar listrik untuk menuju tempat lain atau stop kontak.

Cara menggunakan steker :



Cara menggunakan steker sangatlah mudah, jika steker sudah terpasang kabel maka colokkan saja dimana terdapat dua lubang yang sesuai dengan arahnya. Namun jika belum terdapat kabel maka harus dilakukan pemasangan dahulu.

Caranya adalah dengan buka baut atau mur untuk dapat membuka permukaan pelindung, lalu kendurkan batu pengencang kabel kemudian hubungkan masing-masing kabel sesuai dengan tempatnya dan kencangkan.

Anda harus pastikan warna kabel yang sama dan jangan sampai ada kabel dengan warna berbeda menjadi satu yang terhubung atau menempel antara satu dengan lainnya diantar baut pemasangannya.

Jenis-Jenis Steker

  • Steker Bengkok

steker bengkok

  • Steker Adapter

steker adapter

  • Steker T

steker T

  • Steker Arde

steker arde



  1. Saklar Broco

Banyak sekali orang yang menyebut saklar dengan nama stop kontak, namun anda harus pastikan apakah nama tersebut memang benar demikian. Dan jawabannya adalah, saklar dan stop kontak berbeda. Begitu pula secara fungsinya, saklar berfungsi sebagai pemutus arus listrik.

Sedangkan stop kontak berfungsi sebagai penyedia atau sarana arus listrik tersebut akan dialirkan.

saklar broco

Cara Menggunakan Saklar :



Cara menggunakan saklar sangatlah mudah, hanya cukup tekan searah permukaan dan lampu atau perangkat listrik lain pun akan menyala. Namun dengan syarat, kabel listrik sudah terhubung. Apabila belum terhubung maka harus dilakukan pemasangan kabel terlebih dahulu.

Pada saat pemasangan kabel, anda harus pastikan bahwa sumber arus listrik dalam keadaan mati atau tidak teraliri listrik. Jika anda belum bisa memasangnya maka anda bisa memasrahkannya kepada tukang ataupun orang yang mengerti benar.

Jenis-Jenis Saklar

  • Saklar Seri Outbow

saklar seri

  • Saklar Engkel

saklar engkel

  • Steker + Saklar

steker saklar

  1. Fitting Lampu Broco

Nama aksesoris listrik yang satu ini berasal dari bahasa inggis, yakni Fitting. Fitting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menaruh sebuah lampu bohlam, yang berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengahnya.

Fitting terdiri dari dua jenis yaitu, berulir dan “sumpit” yang dimana lampu tidak diulirkan namun ditusukkan ke tempatnya.

fitting lampu

Cara Menggunakannya :

Cara menggunakannya juga mudah, fitting ini biasa digunakan sebagai tempat lampu supaya lebih aman ditempatkan menggantung, di plafon atau di media lain yang membutuhkan penerangan.

Cara pemasangannya untuk jenis ulir, hanya cukup tempelkan lampu pada lubang ulir yang tersedia lalu sesuaikan ulir dan putar untuk mengencangkan.

Namun jangan sampai terlalu kencang dan pastikan saat memutar harus dilakukan secara perlahan supaya kaca lampu tidak pecah.

Jenis-Jenis Fitting Lampu

  • Fitting Lampu Plafon

fitting lampu plafon

  • Fitting Lampu Gantung

fitting lampu gantung

  • Fitting Lampu Kombinasi

fitting lampu stop kontak

  1. Socket Broco

Electric Soket merupakan bahasa inggris dari Stop Kontak. Fungsi yang dimiliki oleh socket ini tidak jauh berbeda dengan stop kontak, selama terpasang pada sebuah dinding atau perangkat maka dinamakan dengan socket.

Sebab lubang alat listrik ini merupakan penghubung arus listrik atau jaringan sehingga perangkat rumah bisa aktif sempurna.

Cara Menggunakannya :

Caranya adalah dengan mencolokkan kabel yang telah terhubung di TV dengan kabel socket dinding dinding yang terhubung dengan antena atau jaringan lainnya, maka perangkat tersebut bisa aktif dan sudah dapat anda manfaatkan.

Pemasangan alat ini pada dinding rumah bertujuan supaya lebih rapi untuk sebuah proses instalasi kabel antena TV, sehingga dengan keberadaan socket tv di beberapa titik dalam dinding rumah, anda pun bisa lebih leluasa memindahkan tanpa harus menarik kabel panjang untuk sambungan ke antena luar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *