Harga Partisi Ruangan


Pembatas Ruangan – Partisi merupakan sekat yang berfungsi untuk membatasi antara ruang satu dengan ruang lainnya. Namun partisi tidak sama dengan dinding pembatas, meskipun fungsi dasarnya sama. Sebab, partisi dapat dipindah dan diatur tata letaknya sesuai dengan keinginan kita, hal inilah yang menjadi perbedaan antara partisi dengan dinding pembatas.

Nah, pada kesempatan kali kami akan mengulas jenis, fungsi, tips memilih jenis partisi, dan harga partisi ruangan.



Jenis-Jenis Partisi Ruangan

  1. Partisi masif

sekat ruangan

Apabila anda yang mengingankan kegiatan privasi tanpa harus terganggu oleh orang lain, misalnya untuk membatasi antara ruang keluarga dengan ruang kerja yang sebenarnya satu ruangan maka anda bisa memakai jenis patisi ini. Material pembentuk partisi masif pada umumnya tidak transparan (tidak tembus pandang) dan menggunakan bahan yang solid.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu

  1. Partisi semi transparan

pembatas ruangan

Jenis partisi ruangan yang unik yaitu partisi semi transparan yang termasuk campuran bahan material solid dengan bahan transparan.



  1. Partisi transparan

partisi kaca

Partisi transparan ini dipilih supaya para penghuni dapat melihat kegiatan penghuni lainnya meskipun dibatasi dengan sekat. Bisa juga jenis partisi ini dipasang di kamar mandi untuk dapat memberikan sekat apabila anda ingin mandi menggunakan shower.

Fungsi Partisi Ruangan

Dengan adanya partisi dalam sebuah interior, partisi ini bertujuan untuk dapat membedakan antara ruang satu dengan ruang yang lainnya supaya mempunyai fungsi yang berbeda. Jadi bisa dikatakan bahwa fungsi utama partisi adalah untuk mendefinisikan kegunaan dari suatu ruang yang akan dipisahnya.

Maka dari itu, aktivitas pada masing-masing ruangan bisa dibuat lebih spesifik. Berikut ini adalah fungsi partisi ruangan yang perlu anda ketahui :

  1. Memisahkan dua ruangan

Memisahkan dua ruangan yang dipisahkan oleh partisi, maka akan memiliki fungsi yang berbeda antara satu ruang dengan lainnya. Biasanya akan diterapkan pada interior yang menghubungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah, dan juga ruang keluarga dengan ruang makan. Maka sebelum memilih partisi ruangan, anda harus terlebih dahulu menetukan fungsi utama dari ruangan tersebut.

partisi minimalis

  1. Memberikan privasi untuk sisi ruangan lain

Pada desain interior yang biasanya menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah, maka kita akan memerlukan partisi untuk dapat memisahkan keduanya. Sebab aktivitas dalam ruangan yang tertentu, tidak sama dengan aktivitas yang dikerjakan di tempat lain. Tidak adanya partisi tentu akan membuat kedua ruangan ini tidak bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Sehingga kita harus mengupayakan privasi baik itu untuk keluarga ataupun tamu pada masing-masing ruangan.

  1. Menjadikan elemen penghias ruangan

Kini partisi atau penyekat tidak hanya digunakan untuk memisahkan ruangan saja, namun juga penghias interior. Anda pun bisa membuat partisi dengan berbagai desain atau model yang elegan, ataupun dengan memasang hiasan pada partisi anda. Dengan adanya partisi yang sangat cantik ini, maka fungsinya tidak hanya sekedar pembatas ruangan saja tetapi juga dapat digunakan sebagai elemen dekoratis interior rumah minimalis anda.



Material yang biasa digunakan pada partisi

Ada beberapa macam bahan material partisi yang bisa anda gunakan sebagai penyekat atupun penghias rumah anda. Setiap bahan partisi memiliki karakter sendiri yang dapat disesuaikan dengan desain yang anda inginkan. Beberapa bahan yang biasa digunakan sebagai material partisi adalah sebagai berikut :

  • Kaca

sekat kaca



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *