Trik Jitu Dalam Memecah Lempengan Beton Yang Rusak

Teras beton Anda retak, terangkat, dan tidak menarik. Anda dapat mencoba memperbaikinya , tetapi terkadang ada hal yang tidak dapat diperbaiki. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin memecah beton.

Meskipun itu mungkin terdengar seperti tugas yang menakutkan, itu pasti sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Lanjutkan membaca untuk mempelajari proses yang tepat.

3 Cara Terbaik untuk Memecah Lempengan Beton

Sebelum membahas detailnya, mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk memecah pelat beton. Sejauh ini, tiga metode yang paling umum melibatkan penggunaan palu godam atau palu godam. Menggunakan bahan kimia juga merupakan pilihan.

Metode 1 : Palu godam

Metode pertama adalah palu godam. Menggunakan palu adalah yang terbaik jika Anda berurusan dengan lempengan yang tebalnya kurang dari tiga inci. Ini juga merupakan pilihan terbaik jika Anda memiliki anggaran terbatas. Jika Anda dapat menggali, menemukan bagian bawah, dan mencungkil sudutnya, palu godam adalah pilihan Anda.

Saat menggunakan palu godam, pastikan Anda mencungkil beton saat Anda memecahkannya. Selalu cabut bongkahan beton yang rusak saat Anda pergi, ini akan mengurangi kemungkinan puing-puing kecil beterbangan ke arah Anda.

Metode 2 : Jackhammer

Metode kedua untuk memecahkan lempengan beton mungkin yang paling seru dan menghibur, bor. Meskipun terlihat menyenangkan, jackhammers berbahaya dan harus digunakan dengan hati-hati. Metode ini paling baik untuk pelat yang lebih tebal dari tiga inci dan sulit dihancurkan secara manual.

Ada dua jenis jackhammer: listrik dan pneumatik . Keduanya menggunakan gerakan berkekuatan tinggi dan berkecepatan tinggi untuk memecahkan beton, tetapi cara kerjanya sangat berbeda.

Jackhammers listrik menggunakan motor listrik dan harus terhubung ke stopkontak. Listrik memutar engkol dan memompa udara bolak-balik di dalam alat untuk menciptakan gerakan kuat yang memecah beton. Jackhammers pneumatik lebih mobile, daripada menggunakan listrik dari stopkontak, mereka menggunakan kompresor udara bertekanan tinggi. Biasanya, kompresor udara ditenagai oleh gas atau solar untuk memberikan tenaga yang cukup untuk memecahkan pelat.

Metode 3: Bahan Kimia Ekspansif

Menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan beton memungkinkan beton retak, terpotong, dan pecah dengan sendirinya. Yang harus Anda lakukan adalah mengebor beberapa lubang hampir ke dasar, mencampur bahan kimia, dan menuangkannya ke dalam beton. Kemudian, Anda hanya perlu menunggu bahan kimia untuk melakukan tugasnya – mengembang dalam volume dan dengan demikian merusak beton.

Baca Juga : Cara Memotong Batu Bata dengan Gerinda Sudut

Cara Memecah Lempengan Beton: Panduan Langkah demi Langkah

Sekarang setelah Anda mengetahui alat dan bahan dasar yang dapat Anda gunakan untuk pekerjaan itu, mari kita melalui proses yang sebenarnya langkah demi langkah.

Langkah 1: Tutupi Slab

Langkah pertama adalah menutup beton dengan terpal plastik. Ini meminimalkan puing-puing yang beterbangan, melindungi Anda dan benda apa pun yang mungkin ada di dekat Anda.

Meskipun ini tidak mutlak diperlukan, ini pasti dapat membantu mencegah potensi kekacauan.

Langkah 2: Gali Di Bawah Slab Jika Memungkinkan

Jika mampu, gali di bawah lempengan beton dan mulailah mengangkatnya. Anda mungkin ingin menggunakan bilah pengungkit untuk melakukan itu.

Ini akan memudahkan untuk memecahkan beton jika Anda menggunakan palu godam.

Langkah 3: Mulai Bekerja

Selanjutnya, setelah Anda menentukan alat mana yang akan digunakan, mulailah memecahkan beton.

Jika pelatnya kurang dari tiga inci, dan Anda dapat mengangkat sudutnya, gunakan palu godam. Jika lempengan lebih tebal dari tiga inci, Anda bisa menggunakan bor. Untuk lempengan yang lebih tebal dari enam inci, yang terbaik adalah menggunakan bahan kimia ekspansif.

Kesalahan yang Harus Dihindari, Tip & Trik

Anda memiliki banyak bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan secepat dan seefisien mungkin. Rekrut bantuan dari teman dan anggota keluarga. Idealnya, Anda harus memiliki total antara empat dan delapan orang, tergantung pada ukuran pekerjaan. Minta setengah dari tim Anda membantu memecahkan beton, dan setengah lainnya membuang puing-puing.

Untuk membantu yang terakhir, pertimbangkan untuk menyewa gerobak listrik. Terutama jika wadah puing menanjak. Mereka dapat digunakan di semua jenis medan karena memiliki fitur penggerak semua roda yang digerakkan sendiri. Hal ini memungkinkan gerobak melakukan sebagian besar pekerjaan pengangkutan, sehingga memudahkan Anda untuk fokus pada pembongkaran.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Talang Vinyl Dan Alumunium

Tindakan Pengamanan yang Perlu Diingat

Mungkin ada bahaya yang tidak terduga saat memecah beton Anda. Tidak mungkin untuk mempersiapkannya, tetapi jika Anda tahu apa itu, Anda dapat bermanuver di sekitarnya.

Sebelum memulai penghancuran teras beton Anda, Anda harus mengetahui saluran pipa yang menuju ke rumah Anda. Sangat mudah untuk mengiris pipa air, terutama jika sudah tua dan sudah mulai membusuk. Jika Anda memotong saluran pipa, itu bisa menyebabkan masalah tidak hanya untuk Anda tetapi juga tetangga Anda.

Yang terpenting, bersiaplah untuk setiap jalur yang mungkin berjalan di bawah beton. Jika salah satu jalur ini terpotong, dapat menyebabkan cedera serius dan ketidaknyamanan bagi mereka yang terlibat dan mereka yang membantu Anda.

Kesimpulan

Menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan beton memungkinkan beton retak, terpotong, dan pecah dengan sendirinya. Untuk membantu yang terakhir, pertimbangkan untuk menyewa gerobak listrik. Jika Anda tidak menggunakan gerobak listrik, pastikan gerobak dorong yang Anda gunakan berat, bukan ringan. Ini akan memastikan Anda dan bantuan Anda tidak cepat lelah. Perhatikan juga jalur komunikasi. Ada potensi jalur kabel, telepon, dan jaringan dijalankan di bawah beton. Semua yang dikatakan, saluran paling berbahaya untuk Anda potong adalah saluran listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.