Cara Pemasangan Pada Lantai Ubin Keramik 2023

Lantai Ubin Keramik – Berikut adalah tip pemasangan sederhana pada lantai kamar mandi dan ubin lantai yang akan menjaga apa yang ada di bawah kaki Anda tetap kokoh dan tahan lama.

Di atas lantai, irisan keramik yang tipis dan rapuh ini membutuhkan perawatan dan persiapan khusus. Kalau tidak, mereka tidak akan selamat dari parade kaki melalui pintu masuk atau tumpahan tiba-tiba di kamar mandi atau dapur, di mana lantai berubah dari kering tulang menjadi basah kuyup lebih cepat daripada yang bisa Anda katakan “genangan”.

Lantai ubin keramik harus dipasang dengan cara yang benar, dengan menggunakan beberapa alat dan teknik dasar, lantai ubin akan bertahan selamanya, baik air panas maupun air pasang.

Lantai Ubin Keramik

Langkah-langkah Cara Meletakkan Ubin

  1. Tinjauan Lantai ubin

  • Berusaha keras untuk tata letak yang memaksimalkan jumlah ubin utuh dan ukuran potongan ubin apa pun.
  • Ketika ubin berukuran canggung tidak dapat dihindari, letakkan di tempat yang akan ditutupi oleh kesombongan nanti atau di luar garis pandang utama dari ambang pintu.
  • Anda tidak boleh menginjak ubin apa pun hingga lapisan tipis sembuh setidaknya selama 24
  1. Tata letak kering

  • Temukan titik tengah setiap dinding dan pasang garis kapur di lantai. Persimpangan garis di tengah ruangan adalah titik awal ubin.
  • Di tengah ruangan, letakkan ubin tempat garis kapur bersilangan dengan ujungnya menyentuh garis. Ukur dari satu dinding (sebut saja A) ke tepi ubin terdekat. Sekarang, pergi ke baris ubin dan, mulai dari sambungan, ukur sepanjang baris dan tandai jarak yang baru saja Anda ukur. Tanda tersebut menunjukkan lebar ubin di dinding. Jika ukurannya kurang dari 2 inci, kembali ke ubin tengah dan jauhkan dari dinding A untuk membuat potongan ubin yang lebih lebar.
  1. Tata letak kering, Bagian II

  • Dari petak tengah, ukur ke dinding seberang (sebut saja B; tandai jarak ini di sepanjang baris petak. Sesuaikan petak tengah sepanjang garis A-ke-B sampai pengukuran di dinding A dan B sama.
  • Setelah menyesuaikan garis A-ke-B, tandai ubin tengah yang menyentuh garis kapur di antara dinding lainnya (sebut saja C dan D). Sejajarkan tanda ini dengan garis kapur C-to-D. Ulangi proses pengukuran dan penyesuaian untuk dinding C dan D.
  • Letakkan garis lurus sejajar dengan garis C-ke-D dan pada satu sisi ubin tengah. Tandai garis lurus tempat bertemu sudut ubin. Tanda ini adalah titik awal Anda untuk memasang ubin.
  • Rapikan selubung pintu dengan gergaji potong rata sehingga ubin bisa tergelincir di bawahnya. Potong dengan gergaji yang dipegang rata pada ubin di atas selembar karton (untuk mewakili ketebalan lapisan tipis).

Baca Juga : Analisa Bahan Bangunan Konstruksi Yang Wajib Anda Ketahui

  1. Sebarkan mortar tipis

  • Masukkan mixer ke dalam bor dan campurkan bubuk tipis dengan aditif lateks — bukan air — sampai menjadi konsistensi mayones. Biarkan slake (istirahat) sekitar 10 menit. Campurkan pengencer sebanyak yang dapat Anda gunakan dalam 2 jam.
  • Dengan ujung sekop yang rata, sebarkan lapisan tipis lapisan tipis (scratch coat) di atas area berukuran 2 kali 3 kaki di sebelah garis lurus.
  • Sebelum lapisan gores mengering, aplikasikan lebih tipis menggunakan ujung berlekuk sekop. Pegang sekop pada sudut 45 derajat ke lantai dan sebarkan thinset secara merata dengan sapuan melengkung yang lebar, lalu selesaikan dengan lintasan lurus, yang memastikan daya rekat terbaik. Menyisir lapisan tipis ke dalam alur memungkinkan udara keluar saat ubin dipasang.
  1. Atur ubin

  • Letakkan ubin dengan lembut di atas garis tipis di sebelah garis lurus. Dengan ujung jari melebar, tekan ke bawah dengan sedikit memutar pergelangan tangan.
  • Gunakan teknik yang sama untuk mengatur setiap ubin, buat satu baris di sepanjang garis lurus. Menggunakan spacer ubin memastikan sambungan yang rata.
  • Pindahkan garis lurus keluar dari jalan dan letakkan baris berikutnya di samping yang pertama, gunakan tepi ubin sebagai panduan Anda. Terus sebarkan thinset dan atur ubin di bagian berukuran 2 kali 3 kaki, bekerja dari tengah ruangan ke arah dinding. Setiap beberapa baris, pegang kotak pembingkaian atau kotak-A di sepanjang tepi ubin untuk memeriksa apakah keduanya persegi satu sama lain.
  1. Pemotongan akhir

  • Buat potongan lurus sesuai kebutuhan dengan pemotong jepret. Saat limbah lebih dari satu inci lebarnya, cetak ubin dengan satu pukulan kuat, lalu hancurkan dengan menekan pegangan. Tepi potong halus dengan batu gosok.
  • Untuk potongan lurus dengan limbah kurang dari satu inci lebarnya, beri skor ubin pada pemotong jepret, lalu potong dengan penggigit atau gunakan gergaji basah.
  • Untuk memasang ubin di sekitar sudut luar, pegang salah satu ujungnya ke dinding dan tandai ubin di tempat yang menyentuh sudut. Pensil garis sepanjang ubin. Kemudian, tanpa memutar ubin, pindahkan ke sisi lain sudut dan tandai lagi tempat pertemuan ubin dan sudut. Beri tanda X pada bagian yang akan dipotong.
  1. Takik ubin
  • Pada gergaji basah, potong ubin dari tanda ke garis, berhati-hatilah agar tidak melampaui garis. Kemudian putar ubin dan potong sepanjang garis di sebelah X, hingga tetapi tidak melebihi potongan pertama. Di akhir pemotongan, angkat ujung yang paling jauh dari Anda untuk membantu membuang kotoran.
  • Untuk potongan melengkung atau bergaris, buat irisan sejajar dengan gergaji basah ke dalam bagian sampah, hingga tetapi tidak melewati garis yang menandai potongan tersebut. Kemudian pisahkan “jari” yang tersisa dengan penggigit.

Baca Juga : Metode Menghaluskan Teras Beton Rumah

  1. Isi sambungan ubin dengan nat

  • Setelah ubin dipasang semalaman, gunakan sekop margin untuk mengikis lapisan tipis apa pun dari permukaan ubin atau di sambungan.
  • Campurkan nat ke konsistensi yang lebih longgar dari mayones. Tambahkan air sedikit demi sedikit dengan memerasnya dari spons.
  • Ambil sekop nat ke lantai dan sebarkan dengan pelampung karet yang dipegang pada sudut 45 derajat ke lantai. Dorong nat ke sambungan dengan terlebih dahulu menggerakkan pelampung sejajar dengan sambungan, lalu diagonal ke sambungan. Kerjakan dari tepi ruangan ke arah tengah.
  1. Membersihkan nat

  • Biarkan nat mengeras selama 20 atau 30 menit. Harus kuat saat disentuh sebelum Anda mulai mencuci permukaan ubin. Bersihkan kabut nat dengan spons lembap yang diperas dengan baik dan sering dibilas dalam ember berisi air bersih.
  • Sekali lagi, tunggu sampai nat menjadi kabut, lalu bersihkan dengan spons bersih. Ulangi sampai ubin bersih.

Kesimpulan

Memasang ubin keramik merupakan pekerjaan kompleks yang membutuhkan perawatan dan persiapan khusus. Anda tidak dapat menangani proyek ini tanpa rencana yang jelas, pekerjaan persiapan, dan banyak kesabaran. Jika terburu-buru mengerjakannya, maka hasil dari pengerjaan proyek anda tidak sempurna. Pelajari cara memasangnya dengan benar sehingga Anda dapat memanfaatkan kekuatan dan daya tahannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.