Harga Kuas Cat Tembok Dan Minyak


Harga Kuas Cat Tembok – Kuas cat merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pengecatan. Alat ini dilengkapi dengan bulu-bulu sintetis di bagian ujungnya yang berfungsi untuk meratakan cat. Fungsi kuas cat sendiri adalah untuk dapat membantu aplikasi cat pada suatu bidang.

Pemanfaatannya bukan hanya untuk mengaplikasikan cat saja, namun juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membersihkan perkakas dari kotoran atau debu, dapat mengaplikasikan pelumas dan sebagainya.



Saat ini sudah banyak sekali jenis dan ukuran kuas cat yang beredar di pasaran, setiap jenis dan ukurannya tentu akan memiliki fungsi dan hasil kerja yang berbeda. Misalnya saja untuk pengecatan bidang datar yang luas, maka anda bisa menggunakan kuas yang berukuran besar dan menyapukan bagian ujung kuas dengan arah horizontal atau vertikal.

Tetapi untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda harus konsisten satu arah. Dalam pengecatan menggunakan kuas cat memberikan tingkat ketelitian yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan roller.

Maka dari itu, pengecatan untuk bidang-bidang yang sulit dan tidak rata, kuas cat ini lebih direkomendasikan. Namun untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan mengulas tentang perbandingan penggunaan kuas dengan roll dalam proses pengecatan.

kuas



Baca juga: Harga Cat Minyak

Perbandingan Cat Tembok Kuas dan Roll

  • Dari segi waktu

Pengecatan tembok menggunakan kuas cat ini membutuhkan waktu yang lebih lama apabila dibandingkan dengan menggunakan roll. Terlebih lagi, jika ukuran roll yang dipakai cukup lebar. Maka dalam waktu yang sama dapat dipastikan penggunaan roll akan terasa lebih cepat.

  • Dari segi penggunaan

Penggunaan kuas cat akan jauh lebih hemat alias lebih sedikit penggunaan cat-nya apabila dibandingkan dengan menggunakan roll. Biasanya roll akan menghabiskan cat 40% jauh lebih banyak dari penggunaan kuas cat. Apalagi jika anda menggunakan roll yang memiliki kualitas rendah. Tentu saja daya serap cat-nya sangat tinggi dan permukaannya tidak rata.

Hal ini pastinya akan lebih meningkatkan pemborosan dalam penggunaan cat. Hal lain yang dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya cat yang diperlukan selama proses pengecatan, yaitu banyaknya cipratan cat. Apabila dibandingkan dengan kuas cat, penggunaan roll akan menghasilkan lebih banyak cipratan.

  • Dari segi jangkauan

Kuas cat lebih mudah digunakan untuk mengecat bagian sudut ruang ataupun lekukan-lekukan pada dinding tembok. Penggunaan roll untuk mengecat bagian sudut ruangan tentu akan lebih sulit untuk dilakukan, bahkan tidak bisa dilakukan meskipun dengan menggunakan roll yang berukuran kecil sekalipun.

  • Dari segi hasil akhir

Pada intinya, apabila proses pengecatan dinding dilakukan beberapa lapis, penggunaan kuas cat ataupun roll dapat memberikan hasil finishing yang sama baiknya. Perbedaannya hanya pada jejak-nya, apabila dilihat dari dekat secara seksama. Penggunaan kuas cat biasanya akan menghasilkan jejak goresan. Sementara itu, penggunaan roll akan menghasilkan jejak seperti kulit jeruk apabila diamati dari dekat.

Tips Memilih Kuas Cat

Kuas cat terdiri dari 3 bagian, yaitu bulu kuas, pegangan, dan pengikat logam yang dapat menyatukan keduanya. Bulu kuas cat ini dapat berupa bulu hewan ataupun serat sintetis, yang disusun dan direkatkan dengan resin solid.

Pilih kuas cat dengan bulu yang meruncing pada bagian ujungnya. Hal tersebut akan menjadikan kuas cat lebih fleksibel. Bulu kuas yang meruncing juga menandakan bahwa kuas tersebut berkualitas.

Jangan sampai anda memilih kuas cat yang bagian pangkal dan ujung bulunya sama tebalnya.



kuas cat

Harga kuas cat tembok murah biasanya menggunakan bulu yang pendek yang ditopang dengan potongan kayu berbentuk V supaya nampak lebih tebal. Kuas tersebut tidak dapat menyerap cat dengan baik dan bulu yang pendek akan meninggalkan bekas kuasan (brush mark) pada hasil akhir pengecatan.

Baca juga: Harga Cat Akrilik

Sementara itu, kuas cat yang baik mempunyai bulu kuas yang jauh lebih panjang dan banyak sehingga mampu menyerap cat lebih banyak serta menghasilkan lapisan cat yang jauh lebih halus, sehingga tidak akan meninggalkan bekas kuasan.

Kuas yang seperti ini sangat ideal jika anda menginginkan hasil finishing yang baik, terlebih untuk cat dengan tampilan yang mengkilap atau gloss.



Kuas cat yang baik dan berkualitas pada umumnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Bagian ujung bulu yang runcing sehingga kuas cat akan menjadi lebih fleksibel. Jangan sampai memilih kuas cat yang pangkal dan ujung bulunya sama tebalnya.
  2. Memiliki bulu kuas yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga mampu menyerap cat lebih banyak dan hasil akhir pengecetan jauh lebih halus. Kuas cat dengan harga murah akan mempunyai bulu lebih pendek dan akan meninggalkan bekas kuasan pada hasil pengecetan nantinya.

Pada umumnya kuas dari bulu hewan banyak digunakan untuk cat minyak. Kuas cat yang memiliki kulitas terbaik adalah kuas yang terbuat dari bulu babi. Akan tetapi bagi umat islam, pemafaat babi hukumnya adalah haram, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

Jangan sampai menggunakan kuas dari bulu hewan untuk cat yang berbahan dasar air atau water based sebab akan mengembang dan sulit untuk diarahkan. Kuas cat yang paling cocok dan sesuai untuk water based adalah nylon atau polyster sebab serat sintetis tidak dapat menyerap air dan tidak akan mengembang.

kuas cat minyak

Gunakan kuas cat yang memiliki lebar 3 sampai 5 inci untuk mengecat dinding tembok atau permukaan yang luas. Kuas yang jauh lebih kecil digunakan untuk mengecat mebel, kusen, atau bagian-bagian yang membutuhkan ketelitian lebih tinggi. Apabila anda membeli kuas cat yang berkualitas, maka bersihkan dengan seksama setiap kali selesai anda gunakan.

Hal ini bertujuan agar kuas cat dapat digunakan hingga berulang kali. Akan tetapi, bisa juga anda membeli kuas cat dengan harga murah jika anda cukup puas dengan hasil akhir nantinya, dan membuangnya setelah selesai digunakan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *