Harga Cat Minyak Untuk Tembok


Tips Menggunakan Cat Minyak

Sebelum melakukan pengecatan dinding tembok rumah anda dengan cat minyak ini, ada beberapa hal yang harus anda dipersiapkan. Seperti dengan membersihkan dinding tembok terlebih dahulu yang akan anda cat sebelum di lakukan pengecatan.

Pembersihan ini harus dilakukan karena biasanya terdapat kerak, jamur, dan tumbuh lumut. Amplas terlebih dahulu dinding luar rumah lalu semprot dengan air sampai merata.



Biarkan sampai mengering dan setelah itu anda sudah bisa melakukan pengecatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum akan memulai menggunakan cat minyak :

  • Hindari musim hujan

Hindarilah pengecatan dinding luar rumah pada saat musim hujan ataupun cuaca yang sedang lembab. Hal ini dikarenakan pada musim hujan ataupun pada cuaca lembab akan menyebabkan cat lebih susah mengering.

Dinding tembok yang lembab ataupun basah juga akan menyebabkan cat lebih sulit untuk menempel. Hal ini tentunya hanya akan membuang-buang waktu saja.

Maka dari itu, sebaiknya anda memilih musim panas ataupun cuaca yang sedang terik karena selain lebih mudah untuk menempel di cat juga akan lebih cepat kering sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.



  • Hindari plamur

Hindarilah menggunakan plamur untuk mengecat dinding tembok luar rumah anda. Hal ini dikarenakan plamur dapat mengurangi cat minyak yang menempel di dinding luar rumah anda.

Akan tetapi, jika memang diperlukan plamur untuk dapat menambal retakan-retakan ringan yang terdapat pada dinding luar rumah, maka anda harus menggunakan seminimal mungkin sesuai dengan keperluan.

  • Tinner

Cat lah dengan sangat hati-hati dan jangan sampai mengenai badan ataupun wajah anda. Akan lebih baik jika anda menggunakan pelindung untuk wajah, mata dan helm. Tetapi jika percikan cat minyak ini terkena kulit anda, maka anda bisa membersihkannya dengan tinner yang telah dicampur dengan air.

  • Teknik mengecat

Pengecatan dinding tembok rumah dengan cat minyak ini bisa dilakukan dengan teknik sederhana. Akan tetapi jika anda tidak mengetahui caranya mungkin saja cat pada tembok akan terlihat kurang rata. Pengecatan ini bisa dimulai dari mendatar yang kemudian diratakan secara vertikal.

Yang harus anda ingat adalah lakukan sedikit demi sedikit supaya permukaan cat terlihat lebih rapi dan merata.

Baca juga: Harga Cat Akrilik

cat minyak roll

Cara Mengecat Tembok Dengan Cat Minyak

  1. Siapkan Semua Peralatan dan Bahan yang Akan Digunakan

Pertama, siapkan peralatan dan bahan yang anda butuhkan sebelum memulai proses pengecatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan memperlancar proses pengecatan demi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jangan sampai pada tahap pengerjaan tiba-tiba anda membutuhkan salah satu alat dan ternyata alat tersebut belum anda siapkan. Tentu saja hal ini akan merugikan anda karena proses pengecatan menjadi lebih lama.





Leave a Reply

Your email address will not be published.