Cara Menghitung Berat Besi Beton Dengan Benar


  1. Pengerjaan besi beton ini memakan waktu yang cukup lama.
  2. Rendahnya daya kuat tarik. Oleh karena itu dibutuhkan penggunaan tulangan tarik.
  3. Memerlukan biaya yang cukup mahal untuk biaya bekisting yakni antara sepertiga atau dua pertiga dari biaya struktur beton.
  4. Supaya tetap pada tempatnya sampai beton mengeras, dibutuhkan bekisting penahan ketika pengecoran beton. Selain itu, diperlukan juga penampang yang besar pada konstruksi untuk dapat menahan berat beton yang bisa mencapai 2,4 t/m3.
  5. Sulitnya pengontrolan terhadap proses penuangan serta perawatan beton dengan ketepatan yang maksimal. Hal ini tidak berlaku pada proses produksi material struktur lain.

Itulah beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan besi beton untuk sebuah proyek konstruksi.  Apabila Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurang tersebut maka Anda bisa menilai sendiri apa yang terbaik untuk konstruksi bangunan yang telah Anda kerjakan.

Pembahasan yang berikutnya adalah kita akan mencoba untuk menghitung dengan besi beton tanpa menggunakan bantuan tabel berat jenis besi. Biasanya para kontruktor termasuk Anda mungkin lupa tidak membawa alat tersebut sehingga harus menghitung secara manual.



Rumus yang kami  berikan dibawah ini cukup akurat dan sering digunakan oleh banyak orang, berikut rumus menghitung berat besi :

Untuk membandingkan antara perhitungan rumus di atas dengan tabel maka sebagai contoh menghitung besi dengan diameter D22. Dari Tabel berat berat jenis diameter ini adalah 2,985 kg/m
Dengan rumus  > Berat = 0,006165 x D x D x P = 0,006165 x 22 x 22 x 12 = 35,81 kg
Dengan tabel > Berat = BJ x P = 2,985 x 12 = 35,82 kg

Dibawah ini adalah aplikasi kalkulator yang berfungsi untuk menghitung berat dari berbagai jenis besi. Dengan aplikasi ini, anda dapat dengan mudah menghitung berat total besi berbentuk ulir, plat besi, pipa besi, dan bentuk besi lainnya seperti yang dapat Anda pilih pada kolom from dibawah ini :

Bahan:
Bentuk:
Kuantiti: Batang/Lembar
:
:
:
Hasil:
Hitungan Berat: Lbs
Hitungan Berat: Kg

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghitung berat aluminium, stainless, nikel, seng, hingga berat emas. Intinya Anda harus hafal angka koefisien dari besi beton tersebut, namun pada dasarnya cara ini hanya sebagai alternatif saja jika alat hitung yang dibutuhkan ternyata ketinggalan.