Contoh Model Kanopi Kayu


Kelebihan Kanopi Kayu

Kanopi kayu memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan kanopi jenis lainnya. Berikut ini adalah kelebihan kanopi kayu :

  1. Bahan ramah lingkungan
  2. Memberikan kesan natural dan elegan
  3. Bisa dibentuk sesuai dengan keinginan

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata kanopi kayu juga tak luput dari kekurangan. Berikut adalah kekurangan kanopi kayu :



  1. Bahan baku cepat lapuk dan mudah kena rayap, apalagi jika menggunakan bahan yang kurang bagus
  2. Harga jauh lebih mahal, sebab jika menggunakan kayu bahan yang digunakan juga harus lebih besar
  3. Beban lebih berat
  4. Memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama. Hal ini dikarenakan bahan kayu yang dasarnya kasar harus dihaluskan terlebih dahulu

Cara Membuat Kanopi dari Kayu

harga kanopi kayu

Pembuatan kanopi kayu bisa dilakukan dengan menggunakan tenaga ahli atau mencari rangka kanopi yang sudah jadi. Tetapi sebenarnya, pembuatan kanopi kayu ini bisa dilakukan sendiri. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kanopi dari kayu yang baik dan benar :

  1. Perencanaan pembuatan kanopi

Sebelum membuat kanopi kayu, anda harus membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda  perlu tahu besaran dimensi yang diperlukan. Jangan sampai terlalu besar ataupun kekecilan, karena nantinya dapat merugikan anda. Selain itu, anda juga harus menyiapakan desain kanopi yang sesuai dengan macam-macam konsep bangunan yang akan digunakan. Apakah konsep modern tropis, rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis dan sebagainya.

  1. Merencanakan anggaran

Setelah membuat rencana desain, anda juga harus membuat rencana anggaran pembuatan. Jika anda mempunyai budget yang minim, maka jenis kayu yang akan digunakan harus anda sesuaikan kembali. Jangan sampai nantinya akan memberatkan anda. Merencanakan anggaran juga akan membantu anda untuk mengatur jumlah dana yang diperlukan selama proses pembuatan sedang berlangsung.



  1. Membangun lantai dasar kanopi

Langkah pertama yang dilakukan dalam proses pembuatan kanopi dari kayu adalah membangun dasar kanopi terlebih dahulu. Hanya cukup dengan menggunakan bahan dasar campuran seperti semen, kerikil, gamping dan pasir secukupnya. Alternatif lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan batu bata paving. Caranya yaitu dengan meratakan permukaan tanah, kemudian satukan paving-paving tersebut dengan menggunakan pasir.

desain kanopi kayu

  1. Membangun tiang dan kerangka kanopi

Selanjutnya adalah proses pembuatan tiang dengan bahan dasar kayu. Pastikan kondisi kayu yang digunakan harus dalam keadaan baik. Jangan sampai rusak, cacat, seperti terdapat lubang-lubang pada permukaan kayu dan sebagainya.

  1. Mendirikan tiang

Dalam proses mendirikan tiang ini tidak bisa dilakukan hanya dengan satu orang saja. Anda membutuhkan bantuan beberapa orang untuk dapat menegakkan tiang ini. Siapkan juga beberapa alat pendukung seperti tang, palu, mur dan batu. Prose mendirikan tiang ini harus dilakukan perlahan-lahan dan sangat hati-hati.



Leave a Reply

Your email address will not be published.