Harga Vinyl Lantai Per Roll Dan Meter


Kelebihan Vinyl Lantai

  • Perawatannya lebih mudah, anda hanya cukup menyapu dan mengepel saja untuk menjaga agar lantai vinyl selalu bersih.
  • Tersedia berbagai pilihan, sehingga anda bisa lebih leluasa dalam menentukan pilihan warna, gaya ataupun corak lantai yang sesuai dengan keinginan.
  • Rancangan lantai vinyl telah dibuat menyerupai jenis material yang lain seperti bebatuan dan kayu.
  • Vinyl memiliki permukaan yang lebih halus jika dibandingkan lantai dari bahan kayu
  • Vinyl lantai lebih nyaman ketika di pijak, karena di bagian bawahnya telah dilapisi dengan kain atau busa.
  • Jauh lebih fleksibel dalam pemasangannya, karena vinyl lantai merupakan jenis lantai yang sangat lembut.
  • Lebih tahan lama, karena ada yang mengklaim bahwa lantai vinyl dapat bertahan hingga 15 tahun.
  • Vinyl lantai juga cukup kuat, karena mampu menahan air.

Kekurangan vinyl lantai



  • Bisa membahayakan, ini dikarenakan vinyl lantai terbuat dari bahan Polyvinyl chloride (PVC). Bagi sebagian orang yang sangat sensitive terhadap jenis bahan ini tentu akan sangat membahayakan, karena bahan PVC ini dapat melepaskan Volatile organic compounds (VOC).
  • Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasangan lantai vinyl ini, maka perhatikan lapisan pertamanya, pastikan lapisan pertamanya seperti ubin keramik, lantai vinyl ataupun bahan lainnya. Hal ini dikarenakan perekat vinyl tidak bisa bekerja dengan maksimal dan gampang lepas jika lapisan pertamanya tidak bersih.
  • Mudah rusak jika terkena benda tajam. Selain itu, terkena gesekan furniture atau benda berat lainnya juga beresiko merusak lantai vinyl ini.
  • Sangat sulit diperbaiki, harus segera diganti baru jika sudah rusak.

Cara Memasang Vinyl Lantai

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh vinyl lantai ini adalah dapat menyulap rumah yang biasa menjadi mewah dan proses pemasangannya pun terbilang sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memasang lantai vinyl yang baik dan benar.

  1. Mempersiapkan permukaan lantai

Sebelum memasang vinyl lantai, anda harus terlebih dahulu membersihkan lantai rumah anda. Lantai harus dalam keadaan kering, bersih, halus, dan permukaannya rantai. Sedangkan untuk lantai semen, anda juga memastikan bahwa keadaannya bersih dan lembab.

Namun jika lantai dalam keadaan cacat, maka harus segera dilapisi agar semua bagian yang berlubang tertutupi. Material vinyl juga bisa diaplikaskan di atas permukaan lantai keramik. Tetapi kondisi lantai harus dalam keadaan yang baik, tidak memiliki retakan, bersih dari kotoran dan debu.

Sebelum dilakukan pemasangan, material ini harus disimpan dalam suhu ruangan sekitar 24 jam.



pasang vinyl

Untuk memasangnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Material tidak dapat dipasang jika kondisi lantai masih panas akibat dari panas sinar matahari. Selain itu, lantai yang dingin juga harus dihindari.

Jangan sampai lantai dalam keadaan lembab. Perlu diperhatikan juga bahwa material ini tidak bisa di aplikasikan di luar ruangan.

  1. Persiapan Pemasangan

Setelah beberapa kondisi tersebut sudah selesai dilakukan, maka anda sudah bisa melakukan pemasangan. Pada umumnya, pemasangan lantai vinyl ini dimulai dari titik tengah ruangan yang kemudian menjalar ke seluruh luar ruangan.



Leave a Reply

Your email address will not be published.