Harga Dan Ukuran U Ditch


  1. Air

Sama halnya dengan pembuatan beton konstruksi, air yang digunakan haruslah air bersih tanpa unsur yang dapat merusak U-Ditch. Hal ini juga sudah ditetapkan berdasarkan SNI 7974:2013.

  1. Baja Tulangan

Precast U-Ditch memang merupakan beton tulangan, yang dimana di dalamnya terdapat struktur baja sehingga membuat beton semakin kokoh. Tulangan yang digunakan adalah yang jenisnya polos dan berdiamter 8 mm.



Namun bisa juga dengan tulangan ulir yang berdiamter 10 mm sesuai dengan aturan SNI 2052:2014. Dalam pemotongan tulangan ini, bisa digunakan gurinda yang memiliki panjang potongan 164 cm, berjumlah 6 buah (untuk D10).

Sedangkan untuk yang berdiameter 8 mm, maka harus dipotong dengan panjang 0,96 sebanyak 9 buah potongan. Umumnya, satu precast U-Ditch membutuhkan waktu sekitar 7 menit untuk proses pemotongan tulang.

Hal ini tentunya juga tergantung pada teknologi yang digunakan dan kecekatan SDM yang bekerja. Selain proses pemotongan, ada juga proses pembengkokan baja tulangan. Caranya dapat dilakukan dengan manual, yaitu dengan kunci pembengkok baja.

Sedangkan untuk penyambungan baja sendiri bisa menggunakan metode las yang diatur dengan jarak tertentu.



  1. Superplasticizer

Dalam proses produksi precast U-Ditch, dikenal juga istilah superplasticizer, dimana jenis yang paling banyak digunakan adalah Sika Viscocrete 3115. Dosis yang diperlukan adalah 1% dari total berat semen yang digunakan dalam proses produksi.

Metode Pembuatan Bekisting dan Campuran Beton

Sistem bekisting digunakan untuk standar produksi precast U-Ditch. Material bekisting adalah baja yang dipilih dengan alasan jauh lebih awet, tahan lama, dan bisa digunakan hingga berulang. Sebelum produsksi mulai dilakukan, bekisting harus terlebih dahulu dibersihkan dari debu.

Untuk tipe tertentu juga perlu dilapisi mirror glaze antara bekisting dan corrugate kayu. Hal ini bertujuan untuk dapat menutupi celah kecil yang mungkin ada pada beton U-Ditch.

Setelah proses tersebut sudah selesai, maka bekisting harus dirapatkan menggunakan baut atau mur. Penting untuk memastikan supaya beton segar tidak dapat keluar pada saat pengecoran dan pemadatan dilakukan. Dalam proses ini, efisiensi waktu harus anda perhatikan.

Setelah mengetahui standar pembuatan bekisting, maka kami akan membahas metode pembuatan campuran beton, antara lain :

  • Dilakukan penimbangan bahan dan material

Semua bahan campuran seperti semen, agregat, air, dan superplasticier harus diukur beratnya dengan komposisi yang tepat.

  • Pencampuran bahan atau mixing

Pencampuran bahan ini dilakukan dengan concrete mixer dengan cara memasukkan pasir, semen, agregat halus dengan perbandingan yang sudah diukur sebelumnya. Setelah itu, baru air bisa dimasukkan kedalam campuran. Proses ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan beton precast pada umumnya.

saluran u ditch



Harga U Ditch

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penerapan precast ini hampir dibutuhkan di kota-kota besar. Untuk lebih jelasnya, kami disini akan memberikan informasi harga U-Ditch terbaru untuk anda.

Daftar harga U-Ditch ini kami hadirkan untuk anda yang membutuhkan beton precast seperti ini yang biasa diaplikasikan untuk kebutuhan konstruksi saluran atau drainase.



Leave a Reply

Your email address will not be published.