Harga Semen Terbaru Lengkap Semua Merk Mei 2022


Baca Juga: Harga Keramik Terbaru

Tips Memilih Semen yang Berkualitas

  1. Memiliki Logo SNI

Tips dalam memilih semen berkualitas yang pertama adalah dengan melihat logo SNI (Standar Nasional Indonesia) yang ada di kemasannya. Seperti yang kita tahu, SNI adalah sebuah logo yang menunjukkan bahwa suatu produk layak dan sudah diuji kualitas, keamanan dan spesifikasinya sebelum akan dipasarkan. Maka dari itu, pastikan bahwa semen yang Anda pilih memiliki logo SNI.

  1. Perhatikan Warna dan Tekstur Semen

Tips dalam memilih semen berkualitas yang kedua yaitu dengan memperhatikan warna dan tekstur semen. Semen yang bekualitas bagus seharusnya teksturnya akan langsung terurai dan tidak menggumpal ketika dipegang. Selain itu, secara visual semen juga mempunyai permukaan yang sangat lembut seperti butiran debu. Selanjutnya untuk warnanya sendiri, semen yang berkualitas bagus akan memiliki warna abu-abu kehijauan. Jangan sampai Anda memilih semen yang memiliki warna terlalu gelap karena ini berarti bahwa kandungan MgO nya sangat tinggi dan bisa menyebabkan semen mudah retak ketika digunakan.



  1. Pilih Semen dengan Usia Baru

Maksud usia baru disini adalah kondisi semen yang masih baru. Setidaknya semen masih dapat dikategorikan sebagai semen yang berkualitas bagus, paling lama disimpan selama sekitar 1 bulan. Mungkin Anda tidak bisa menanyakan  secara langsung kepada pemilik toko, oleh karena itu Anda bisa mengecek semen tersebut dengan cara menekannya dari luar kemasan. Apabila terasa cukup keras maka semen tersebut sudah terlalu lama disimpan sehingga kualitasnya menjadi berkurang. Namun jika ditekan masih terasa lunak dan lembut maka semen tersebut masih tergolong semen baru yang tentunya layak untuk Anda gunakan.

  1. Perhatikan Kemasan Semen

Tips terakhir dalam memilih semen yang berkualitas adalah dengan memperhatikan kemasan semen. Seperti yang kita tahu bahwa umumnya semen akan dikemas dalam kemasan atau karung yang memiliki ukuran sekitar 40 sampai 50 kg. Nah, pada saat Anda memilih semen merek apapun itu  Anda harus pastikan untuk melihat kemasannya. Pilihlah semen dengan kemasan yang baik atau  bagus dan tidak ada rusak sama sekali. Kemasan yang sudah rusak bisa saja membuat kualitas, tekstur dan juga warna semen menjadi berubah. Perubahan ini jelas nantinya akan berpengaruh buruk terhadap hasil akhir pengaplikasian semen terhadap struktur bangunan Anda.

Nah, di luar keempat tips dalam memilih semen yang berkualitas bagus tersebut, Anda harus tahu dan sadar bahwa cara penyimpanan semen juga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dari semen itu sendiri. Jadi, setelah Anda membeli semen maka Anda harus menyimpannya dengan benar. Semen harus disimpan di dalam ruang tertutup atau setidaknya terlindung dari sinar matahari dan hujan. Selain itu, permukaan lantai juga harus datar  dan rata serta tidak langsung ditempatkan di atas tanah, namun di beri alas papan atau tripleks.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai harga semen lengkap bersama tips dalam memilihnya, semoga bermanfaat khususnya bagi Anda  yang sedang membutuhkan gambaran harga semen dimanapun lokasi Anda berada baik itu di Jakarta, Surabaya, Jogja, Malang, Bandung, Balikpapan dan kota besar lainnya di Indonesia.





Leave a Reply

Your email address will not be published.