Harga Dan Ukuran Kanstin Beton


Socket joint ini berfungsi supaya susunan antar pasangan kanstin dapat saling menjepit dan tidak mudah bergeser. Mengenai harga jualnya sendiri, kanstin jepit ini merupakan kanstin dengan harga termurah diantara jenis – jenis yang lain. Hal ini disebabkan karena kanstin jepit ini memiliki dimensi dan ukuran paling kecil.



  1. Type Kanstin Taman

Ukuran dari kanstin taman ini adalah 40 x 25 x 15 x 13 cm. Kanstin taman ini banyak digunakan sebagai pembatas area taman. Fungsinya adalah supaya tanah ataupun tanaman yang ada di sekeliling taman tidak berserakan.

Selain itu, pemasangan kanstin taman ini juga dapat memperindah taman dan juga menambah nilai estetika taman tersebut. Terlebih lagi jika pemasangannya dipadu-padankan dengan grass block ataupun paving block.

  1. Kanstin Trotoar

Kanstin trotoar ini memiliki ukuran 40 x 28 x 15 x 13 cm. Kanstin trotoar ini tidak jauh beda dengan kanstin taman, perbedaannya hanyalah pada ukuran ketinggiannya saja. Untuk kanstin trotoar ini dibuat dengan dimensi yang lebih tinggi supaya tidak dapat dilompati oleh kendaraan yang melintas di jalan raya.



  1. Jenis Kanstin Standar DKI

Pada umumnya, kanstin jenis ini banyak digunakan pada proyek – proyek pembangunan jalan raya institusi pemerintahan. Kanstin jenis ini memiliki 2 macam ukuran, yang pertama berukuran 60 x 25 x 22 x 18 cm dan yang kedua berukuran 60 x 30 x 25 x 22 cm.

Dinamakan dengan kanstin DKI karena spesifikasi ukurannya pertama kali dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota DKI Jakarta. Kanstin DKI memiliki harga jual yang paling mahal diantara jenis-jenis kanstin yang lainnya.

  1. Type Car Stopper Beton

Kegunaan dari kanstin ini adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir dan sebagai tanda bahwa mobil harus berhenti. Ukuran kanstin ini adalah 60 x 15 x 20 x 18 cm.

Cara Pemasangan Kanstin untuk Trotoar Jalan

  1. Persiapan Drainase

Setiap konstruksi jalan tentu memerlukan drainase yang baik untuk membuang air yang jatuh pada area jalan guna menghindari terjadinya genangan air yang bisa merusak konstruksi jalan. Pemasangan kanstin harus berjarak sekitar 150 – 200 mm dari tepi jalan sebagai jalur air yang turun pada paving.

Namun, keberadaan kanstin bisa menggangu drainase penutup jalan, maka dari itu drainase bisa dibuat dengan model cross fall atau longitudinal fall yang diarahkan keluar. Kemiringan yang disarankan adalah sekitar 1,5º – 2 º.



  1. Pembuatan Alas Kanstin

Kanstin yang akan diletakkan pada permukaan tanah harus dibuatkan alas terlebih dahulu dengan menggunakan rabat beton yang ketebalannya minimal 150 mm. Rabat beton sendiri merupakan material struktural yang mampu menstabilkan tanah dibawah kanstin supaya kanstin tidak mudah turun atau tenggelam.



Leave a Reply

Your email address will not be published.