Harga Hebel Per Kubik


Alat-alat yang diperlukan :

  • Cetakan yang khusus bata ringan
  • Ember
  • Cetok
  • Cangkul

Bahan –bahan yang dibutuhkan :



  • Semen yang digunakan sebagai bahan pengikat
  • Pasir yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Fly ash, kapur, dan air yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Air sebagai bahan pengencer
  • Pasta alumunium sebagai bahan pengembang

diy hebel

Cara Membuat bata ringan (hebel)  :

  1. Pertama, anda harus membuat adukan hebel terlebih dahulu yang terdiri dari binder dan filler dengan perbandingan 1 : 2. Yang dimaksud binder adalah semen, sedangkan filler adalah bahan campuran dari pasir, fly ash dan kapur. Apabila anda hanya menggunakan fly ash atau kapur atapun bahan campuran keduanya tanpa pasir, maka komposisi filler yang disarankan adalah 17% dari total adukan hebel.
  2. Lalu tuangkan air yang secukupnya ke dalam adukan hebel tersebut untuk mengencerkannya. Penambahan air ini jangan sampai terlalu banyak ataupun terlalu sedikit karena bisa merusak kualitas bahan ringan yang dihasilkan nantinya. Pada umumnya, jumlah air yang harus ditambahkan ke dalam adukan hebel yaitu sekitar 0,4 sampai 0,6 dari total semen yang digunakan.
  3. Proses pengadukan harus dilakukan hingga komposisi bahan penyusun adukan tersebut benar-benar tercampur rata. Sifat adukan ini juga nampak berubah menjadi homogen dan massa jenisnya pun sesuai dengan perencanaan yaitu sekitar 1,8 sampai 2,2 kg/liter. Namun jika masa jenis adukan hebel tersebut masih belum sesuai, maka anda bisa menambahkan air secukupnya.
  4. Setelah adukan bata ringan tersebut selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membentuk adukan dengan menggunakan cetakan khusus bata ringan. Caranya yaitu, tuangkanlah adukan hebel tadi ke dalam cetakan khusu, kemudian ratakan seluruh permukaannya. Supaya dapat mengering dan tercetak dengan sempurna, diamkanlah cetakan tersebut selama kurang lebih sekitar 12 jam.
  5. Keesokan harinya, bukalah cetakan bata ringan tadi dengan sangat hati-hati. Selanjutnya pindahkan hebel-hebel yang masih mentah ini ke tempat pengeringan atau curing area yang terbuka tetapi terhindar dari cahaya matahari secara langsung.
  6. Bentuk perawatan yang harus kita berikan pada bata ringan selama proses pengeringan adalah dengan menyirami hebet tersebut selama 10 hari secara berturut-turut. Hal ini bertujuan agar pengeringannya dapat berlangsung secara perlahan sehingga hebel tidak akan mengalami kerusakan ataupun keretakan. Setelah 15 hari kemudian, bata ringan tersebut sudah bisa diletakkan di dalam gudang penyimpanan. Material hebel ini baru bisa digunakan setelah usianya sudah mencapai lebih dari 20 hari sejak awal pembuatan.

batu bata ringan

Harga Hebel, Harga Bata Ringan

Bata ringan ini terdiri dari 2 jenis yaitu AAC dan CLC. Karena memiliki sifat ekonomis dan ringan, maka pengggunaan bata ini terbilang sangat efisien dan cepat dalam pembangunan proyek rumah, apartement, hotel ataupun mall. Lalu berapakah harga bata ringan (hebel) terbaru di bulan ini?





Leave a Reply

Your email address will not be published.