Harga Besi CNP Dan Ukurannya


Sedangkan biasa disebut pofil gording CNP karena besi ini memiliki fungsi sebagai gording atap dan rangka untuk dinding cladding. Yang terakhir mengapa dinamakan dengan lipped chanel, karena antara ujung besi CNP ini mempunyai fungsi untuk dapat saling merekatkan antara satu besi dengan besi yang lainnya.



Fungsi dan Peran Besi CNP pada Bangunan

Setelah mengetahui tentang pengertian besi CNP, selanjutnya kami akan menjelaskan lebih detail mengenai fungsi besi CNP dalam sebuah konstruksi atau sebuah bangunan. Beberapa fungsi besi CNP tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai gording atau rangka atap dalam suatu bangunan

Sebelum tampilan atap sebuah bangunan terlihat indah, di dalamnya terdapat rangka besi yang bisa menunjang keindahan dan juga kekohon atap bangunan tersebut. Besi CNP inilah yang digunakan sebagai penunjang atap sebuah bangunan, baik itu rumah, gedung, pabrik dan masih banyak lagi jenis bangunan lainnya yang memanfaatkan besi CNP sebagai rangka dalam bangunan atapnya.

  1. Sebagai rangka untuk dinding cladding

Sebelum membahas fungsi besi CNP yang berikutnya, mungkin anda belum paham apa itu cladding. Cladding merupakan struktur eksterior bangunan yang biasa dipasang pada dinding luar sebagai finishing (penyelesaian pekerjaan).

Fungsi cladding sendiri adalah sebagai pemberi kesan keindahan pada dinding dan sebagai pelindung struktur utama eksterior dinding, yang tak lain adalah besi CNP supaya terhindar dari berbagai gangguan ataupun kotoran. Secara visual, cladding memiliki peran penting untuk menampilkan keindahan suatu bangunan.



  1. Sebagai purlin atau yang disebut dengan balok dudukan penutup atap

Purlin disini berperan penting sebagai penopang konstruksi-konstruksi atap yang berada diatasnya. Kedudukan balok dudukuan atau purlin ini adalah sebagai penahan bahan-bahan penunjang atap lainnya.

Maka dari itu, memilih bahan bangunan untuk dijadikan sebagai purlin tentu harus benar-benar diperhatikan. Itulah mengapa memilih besi CNP merupakan pilihan yang tepat. Karena besi CNP mempunyai kualitas yang baik dan tahan untuk menopang berbagai konstruksi bangunan yang berada di atasnya.

  1. Sebagai girts atau berperan sebagai elemen yang menutup dinding

Apabila dalam sebuah bangunan, anda melihat logam yang tampak menutupi dinding, biasanya bahan logam yang digunakan sebagai kerangka dinding tersebut adalah besi kanal C. Tampilan dinding tertentu akan terlihat semakin menawan, disamping itu kekokohan dinding tersebut mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

  1. Sebagai rangka kompnen arsitektural

Dalam hal ini berarti bawaha bentukan artifisial yang terlihat dari sebuah bangunan tidak bisa berdiri kokoh tanpa adanya struktur dan kerangka bangunan yang bagus di dalamnya. Disinilah besi CNP akan berfungsi untuk menunjang komponen arsitektural dalam sebuah bangunan.

  1. Sebagai member atau anggota pada truss atau rangka batang tiga dimensi

Sebelum melakukan pembangunan seperti gedung, pertokoan, dan bahkan pusat perbelanjaan yang berdiri tegak di tengah-tengah kota ataupun di desa, hal pertama yang kita butuhkan untuk dapat menopang bangunan tersebut yaitu truss atau rangka bangunan. Konstribusi besi CNP di sini adalah sebagai komponen yang bisa melengkapi rangkaian truss tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published.