Harga Anyaman Bambu Per Meter Terbaru Mei 2022


  1. Harganya lebih murah

Bambu merupakan material yang memiliki harga lebih murah. Jika dibandingkan dengan material lainnya seperti kayu, mungkin selisihnya sudah setengahnya. Itulah mengapa anyaman bambu bisa menjadi salah satu material yang sangat direkomendasikan untuk menghemat budget pembangunan.

  1. Mempunyai bobot yang ringan

Bentuknya yang tidak padat alias mempunyai rongga di dalamnya maka otomatis akan membuat bambu memiliki  bobot yang lebih ringan dibandingkan material-material yang lainnya. Hal ini akan memungkinkan distribusinya dapat dikerjakan dengan mudah.



  1. Bersifat elastis

Bambu sendiri merupakan bahan bangunan yang mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi. Material ini dapat mempertahankan kedudukannya dengan baik. Hal ini juga lah yang menjadikan bambu sebagai salah satu material terbaik untuk bangunan yang berdiri di daerah-daerah rawan gempa.

  1. Ramah lingkungan

Salah satu alasan mengapa bambu termasuk bahan yang sangat ramah lingkungan adalah bambu mudah sekali hidup di suatu tempat. Tingkat pertumbuhannya pun tegolong paling cepat di dunia. Bambu yang sudah layak digunakan umumnya berusia sekitar 3 sampai 5 tahun.

  1. Setara dengan Baja

Bambu memiliki tingkat kuat tarik yang setara dengan baja berkualitas sedang pada berat jenis yang sama. Bahkan  bambu yang sudah diawetkan terlebih dahulu akan sangat kokoh untuk dijadikan kolom bangunan bertingkat.

  1. Tampilannya sangat alami

Bagi Anda para pecinta desain natural alami, bambu merupakan opsi yang terbaik. Bagaimana tidak karena kesan alami yang bisa ditimbulkan oleh material satu ini sangatlah kuat.



Baca juga: Harga Batu Alam

Sedangkan kelemahan-kelemahan dari anyaman bambu adalah sebagai berikut:

  1. Karakteristiknya tidak seragam

Karena diambil langsung dari alam dan bukan buatan pabrik, maka karakteristik bambu  tidak pernah sama. Diameter yang berbeda-beda membutuhkan ketelitian dalam proses seleksi bambu pada tahap awal. Jika Anda perhatikan, jarak ruas di bambu tidak akan pernah sama mulai dari bagian ujung sampai pangkal. Hal ini tentunya akan membuat kita kesulitan untuk memadukan bambu-bambu secara harmonis.

  1. Detail sambungan yang rumit

Meskipun tergolong material yang kuat, ternyata bambu mempunyai kelemahan pada detaill sambungannya. Sambungan antar-bambu yang membentuk struktur memiliki tingkat kesulitan yang sangat rumit. Sehingga dibutuhkan penguasaan bambu yang mendalam sebelum bisa menggunakanya dengan baik.

  1. Rentang serangan sayap

Rayap juga dikenal sangat suka sekali menggerogoti bambu. Apabila sudah diserang, tentu kekuatan bambu ini akan berkurang drastis dan mudah rusak. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kejadian buruk ini adalah dengan mengoleskan cairan anti-rayap pada permukaan bambu secara berkala.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait anyaman bambu. Semoga informasi yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi Anda yang sedang ingin membeli anyaman bambu untuk mempercantik desain rumah minimalis Anda.