Contoh Model Dapur Minimalis




Baca juga: Cara Memilih Penyedot Asap Dapur Yang Bagus

Tips Membuat Dapur Minimalis Dirumah Anda

Selain harus menyingkirkan peralatan dapur yang tidak pernah digunakan karena hanya akan menumpuk debu, berikut ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk memulai membuat dapur minimalis di rumah anda :



  1. Kenali Gaya Memasak Anda dan Keluarga

Bagaimana gaya makan dan memasak kelurga anda? Banyak sekali keluarga yang hobi memasak bersama atau memanggang kue, dan ada pula yang kurang suka untuk menghabiskan banyak waktu di dapur. Jika memang tidak begitu doyan bereksperimen di dapur, maka dapur minimalis dengan kitchen set minimalis akan menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Akan tetapi, jika anda hobi memasak atau membuat kue maka aturlah ekpektasi atas ruang dan benda-benda yang wajib ada ketika memasak di dapur.

  1. Permukaan Yang Bersih

Setiap dapur tentu memiliki meja dapur. Bedanya dengan meja yang ada di dapur minimalis, meja ini akan selalu terlihat bersih dan bersih dari tumpukan barang seperti pisau, oven, microwave, mesin kopi dan sebagainya.

Di meja dapur ini, hanya terdapat satu atau dua dekorasi yang bergaya minimalis dan sekaligus memiliki fungsi misalnya dekorasi minimalis, tempat tisu atau pot-pot manis.

  1. Menyusun Sesuai Kebutuhan

Apabila anda memiliki benda-benda dapur yang jarang digunakan, maka simpanlah di rak yang paling tinggi. Semakin sering alat dapur digunakan, maka akan semakin mudah juga aksesnya demi kegiatan masak-memasak yang lebih efisien. Setiap benda harus memiliki rak ataupun tempat lainnya, ini bertujuan agar benda tidak terpampang di luar.

  1. Teliti Dalam Menyimpan Makanan

Dapur sendiri memang tidak jauh dari stok makanan. Di dapur model ini, anda harus lebih jeli dalam meyimpan stok makanan termasuk pada saat penggunaannya. Apabia ada benda yang cukup lama disimpan, maka dapur menjadi rentan akan tumpukan barang dan stok makanan pun juga rentan rusak. Maka dari itu, belilah stok makanan yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih Kualitas, Bukan Kuantitas

Daripada membeli seperangkat pisau dapur, sebaiknya anda membeli sebilah pisau dapur yang berkualitas dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti halnya dengan alat-alat dapur lainnya, anda harus prioritaskan fungsionalnya yang memang berguna dan tidak hanya untuk fungsi-fungsi kecil saja seperti penyaring telur atau pencuci sayur khusus.

  1. Rajin Bersih-Bersih

Tentunya anda ingin dapur minimalis selalu terlihat bersih dan rapi maka dari itu biasakan selalu membersihkan dapur setelah selesai digunakan. Jangan sampai ada tumpukan piring, gelas, ataupun panci kotor agar dapur selalu siap untuk digunakan kapan saja.





Leave a Reply

Your email address will not be published.