Cara Menghitung Luas Bangunan


Dari kedua cara menghitung luas bangunan diatas bisa dipilih mana yang menurut anda yang paling mudah dan lebih cepat.

Contoh Menghitung Luas Bangunan

Perhitungan luas rumah m2 secara manual

Teras 2,5 m x 1,5 m =



Ruang tamu dan dapur = 2,5 m x 6 m =

Kamar tidur dua buah = 2,5 m x 6 m =

Kamar mandi atau wc = 1,5 m x 1,5 m

Total luas rumah = 26 m2



Jadi, total luas bangunan tersebut yaitu 36 m2, namun itu tadi kalau bentuk rumahnya masih beraturan sehingga anda cukup menggunakan rumus luas bangun datar saja. Tetapi jika bentuknya tidak beraturan maka anda bisa menghitungnya dengan cara memanfaatkan software autocad. Caranya adalah sebagai berikut ini :

luas bangunan

Dari hasil perhitungan luas tanah dengan cara menggunakan software autocad tersebut adalah 36000000 mm2 dan kemudian dikonversi menjadi m2 menjadi 36m2.

Baca juga: Menghitung Kebutuhan Bahan Bangunan

Aturan Menghitung Luas Bangunan

Sebagai pengetahuan dasar untuk anda yang kurang mengerti tentang luas bangunan, maka ada beberapa hal yang harus diketahui :

  • Batas Fisik

Sebidang tanah akan memiliki batas-batas daerah yang boleh dan tidak boleh untuk dibangun (garis sepadan bangunan atau GSB). Selain itu, juga memiliki ketentuan lain dari kebedaradaan lokasi tanah tersebut. Apakah lokasi tanah tersebut berada di tengah kota, pinggir kota, pedesaan, ataupun disekitar jalan protokol.

Semua sudah ditentukan harus memiliki perbandingan luas bangunan dan halaman yang berbeda-beda, sesuai dengan peraturan daerah setempat.

Apabila anda sudah mengenal ketentuan KDB (Koefisien Dasar Bangunan) misalnya 70%, ini berarti anda hanya diizinkan untuk membangun rumah yang memiliki luas sekitar 70% dari luas seluruh lahan yang telah anda miliki.

Sedangkan sisanya yang 30% akan berupa halaman terbuka, ini berguna untuk daerah hijau atau untuk sarana dan prasarana yang lainnya. Itu kalau bangunannya tidak bertingkat. Jadi tidak benar apabila kita seenaknya dalam membangun seluruh bagian tanah kita dan harus dikurangi batas GSB, kita juga harus memenuhi ketentuan lainnya yaitu KDB yang telah diizinkan didaerah kita.



  • Ketentuan Bangunan

Setiap rumah ataupun bangunan yang kita miliki sudah pasti mempunyai batas-batas fisik yang mudah untuk dikenali sebagai batas luas. Tapi perlu anda ketahui bahwa semua bagian ruang yang memiliki perkerasan lantai itu tidak sama perhitungan luasnya.

Seperti misalnya sebuah ruang tidur dengan ukuran 3 x 4 m² tidak dihitung sama dengan sebuah terasa yang berukuran 3 x 4 m². Meskipun secara matematik keduanya memiliki luas area yang sama, yaitu 12 m².

Demikian juga apabila kita mempunyai ruang-ruang lain yang sejenis teras tadi, seperti balkon, selasarm dan mesananin. Kita bisa ambil contoh di kota-kota besar misalnya Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya. Kota-kota besar tersebut memiliki ketentuan cara menghitung luas bangunan.

Beberapa hal juga harus dipahami oleh setiap pemiliki bangunan, adalah sebagai berikut ini :





Leave a Reply

Your email address will not be published.