Cara Menghitung Harga Tanah Per Meter


Besaran NJKP ini adalah 40%. Dasar nilai tersebut terdapat dalam Pasal 6 ayat 3 Undang-Undang No. 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan. Hanya saja Undang-Undang tersebut diubah dengan Undang-Undang No. 12 tahun 1994. Dalam undang ini terdapat ketentuan sebagai berikut:

  • Pertama; Objek Pajak Perkebunan: luas lahannya sama atau lebih besar dari 25 hektar yang dimiliki, dikuasai ataupun dikelola oleh BUMN, swasta, ataupun operasional antara swasta dan pemerintah.
  • Kedua; Objek Pajak Kehutanan: tidak termasuk area blok tebangan dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Pemegang Hak Pengusahaan Hutan, Pemegang Izin dan Pemegang Hak Pemungutan Hasil Hutan.
  • Selanjutnya Objek Pajak Perumahan: wajib pajak perseorangan dengan NJOP atas bumi dan bangunan yang nilainya sama atau lebih besar dari Rp 1 miliar.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai cara menghitung harga tanah per meter. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda dan memudahkan Anda dalam menentukan atau mencari tahu harga tanah per meter di suatu daerah.





Leave a Reply

Your email address will not be published.